Laman

Kamis, 04 November 2010

Terumbu Karang Pemberi Kehidupan Utama

Indonesia memiliki keindahan laut yang sangat beragam. Terdiri dari berbagai jenis ikan, beranekaragam biota laut yang sangat bermacam-macam, dan kekayaan laut lainnya. Semua itu dikarenakan adanya ekosistem terumbu karang yang menambah kekayaan laut Indonesia. Terbukti lewat 400 jenis terumbu karang dan 74 marga ekosistem terumbu karang yang ada yang mempengaruhi ekosistem lainnya di perairan laut.

Pengertian terumbu karang yaitu koloni karang batu, yang terbentuk melalui kumpulan hewan-hewan laut yaitu polip. Salah satu makanan karang yaitu hewan mikroskopik. Jenis-jenis karang yang ada yaitu seperti karang lunak (soft coral), karang keras (hard coral), karang meja, dan lainnya. Ciri-ciri karang lunak seperti memiliki duri-duri, sedangkan karang keras terdapat kapur pada tubuhnya. Semua jenis karang batu ini dirangkai menjadi suatu ekosistem terumbu karang.

Setiap karang memiliki alga yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari sebagai energi serta sebagai pemberi warna. Dapat dibayangkan jika karang dirusak, akan membutuhkan ratusan tahun untuk hidup dan berkembang.

Untuk itu ekosistem terumbu karang memberikan kehidupan bagi setiap makhluk hidup yang ada. Banyak biota-biota laut seperti hewan-hewan kecil dan ikan-ikan kecil yang mencari makan, berpijah, bertempat tinggal dan bertelur di setiap terumbu karang. Bukan hanya itu, terumbu karang juga memberikan dampak luas bagi manusia, seperti sebagai lumbung ekonomi yang berlimpah, penyedia obat-obatan, serta memiliki nilai jual yang tinggi, seperti alga yang memberikan nilai jual yang sangat tinggi.

Dapat dibayangkan, apabila tidak ada terumbu karang, tidak akan ada pemberi kehidupan yang memberi jaminan kepada setiap makhluk hidup untuk masa depan makhluk hidup tersebut. Karena sumber segala jenis biota laut, hanya akan ada di sekitar ekosistem terumbu karang yang diproduksi dan dibutuhkan oleh manusia.

Akhirnya, apabila ekosistem terumbu dapat dijaga, maka akan ada pemberi kehidupan untuk masa depan makhluk hidup di laut, lebih khusus memberikan harapan untuk masa depan manusia yang disediakan penuh oleh penghuni laut, terumbu karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar