Laman

Kamis, 04 November 2010

Terumbu Karang Adalah Sahabat Kita

Terumbu Karang , sahabat kita ? Mengapa demikian ? Dan, tahukah anda apa itu terumbu karang ?
Terumbu karang adalah sekelompok atau suatu komunitas karang batu yang tersusun oleh berbagai macam jenis karang batu serta di dominasi oleh berbagai macam biota laut. Gabungan antara sekelompok karang batu dan biota laut di sebut dengan Ekosistem Terumbu Karang. Karang-karang batu yang membentuk ekosistem terumbu karang terdiri dari karang lunak, karang batu, dan karang kipas. Karang-karang ini yang menghiasi hampir seluruh dasar laut yang berada di perairaan Indonesia. Jumlah karang batu di Indonesia terdiri dari 400 jenis dan 74 marga.
Pada umumnya terumbu karang sama seperti kita manusia. Terumbu karang juga memiliki beberapa syarat agar dapat hidup dan berkembang menjadi saatu komunitas yang baik dan dapat menjamin kehidupan kita. Syarat-syarat yang diperlukan terumbu karang yaitu ; perairan dangkal kurang dari 50m, air hangat yang memiliki suhu berkisar 20-28 derajad, air jenih yang dapat ditembusi cahaya, salinitas air, kekuatan arus, gelombang laut, serta dasar laut yang keras. Mengapa diperlukan dasar laut yang keras? Karena komunias karang batu merupakan tumbuhan microskopik yang lunak. Juga dasar laut tempat tinggal komunitas karang tersebut tidak keras, maka komunitas karang batu tidak akan bertahan lama. Dapat dibayangkan jika, dasar laut tidak keras mungkin laut Indonesia yang seluas 85.000km2 tidak ada penhuninya sama sekali dan mungkin juga sebagian pulau di Indonesia akan hilang 1 per 1 karena dasar laut yang tidak keras.
Jika semua syarat terumbu karang telah terpenuhi, maka fungsi ekologi dari terumbu karang dapat dimanfaatkan dengan baik. Fungsi ekologi dari terumbu karang yaitu ; memberikan tempat tinggal bagi biota laut, membantu perekonomian masyarakat daerah, dapat melindungi pesisir dari erosi, dapat dijadikan obyek wisata bahari, dapat dijadikan obat-obatan dan bahan kosmetik.
Apabila kita ingin hal tersebut dapat bertahan untuk selama-lamanya, mari kita bersahabat dengan alam sekitar terutama dengan terumbu karang. Karena tanpa mereka kahidupan kita tidak akan baik seperti sekarang. Lindungilah sahabat kita mulai dari hal sederhana seperti tidak membuang sampah dan limbah kearah laut, menangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan, dan jangan mengambil terumbu karang dan biota laut sebagi hiasan souvenir.
Terumbu karang adalah sahabat kita, tanpa dia mungkin nama Indonesia tidak akan terkenal di dunia Internasional karena wisata bahasinyang kita miliki. Selamatkan sahabat kita sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar