Laman

Kamis, 04 November 2010

Kekayaan Terumbu Karang Memberi Kesejahteraan

Indonesia sangat kaya dengan kekayaan. Salah satunya terumbu lautnya karang terus terumbu karang tersusun dari polip. Ada 3 jenis akrang yaitu karang lunak yang memiliki permukaan yang lunak, kearang batu yang memiliki tubuh yang keras dan kerang kipas. Terumbuh karang juga membentuk ekosistem yang saling bergantungan.

Terumbu karang tinggal di perairan dangkal, dipengaruhi oleh arus laut, sinar matahari, dan dasar perairan. Terumbu karang terdiri dari 3 jenis yaitu terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, dan terumbu karang cincin atau atol.

Pada saat ini banyak orang yang peduli lagi tentang pertumbuhan ekosistem terumbu karang, ada yang merusak ekosistem terumbuh karang secara langsung maupun tidak langsung. menggunakan bahan peledak, racun sianida, bubu, jaring muroami, membuang sampah di laut menginjak terumbu karang, membuang jangkar kapal di atas terumbu karang. Selain itu ada juga proses alam yang merusak ekosistem terumbu karang seperti banjir, gempa, dan tsunami. Padahal ekosistem terumbu karang sangat membutuhkan waktu yang sangat panjang bahkan puluhan tahun untuk bertumbuh kembali.

Pada kenyataannya ekosistem terumbu karang merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia seperti sebagai tempat mencari mekan, sumber obat-obatan, dan bahan dasar kosmetik. Selain itu terumbu karang juga sangat penting baagi kelangsungan hidup bagi biota laut, separti sebagai tempat hidup, mencari makan,tempat tinggal, tempat berkembang biak dan bertelur bagi ikan dan biota laut lainnya.

Jadi kita harus menjaga terumbu karang, karnakekayaanterumbu karang memberikan kesejahteraan bagi manusia dan mahkluk hidup yang berada di laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar